Tata Cara sholat Tahajud dan Witir

Posted by Unknown 19 komentar
sholat malam
assalamualaikum sob...
Sholat tahajud merupakan salah satu sholat malam yang mana apabila dilaksanakan maka kita akan senantiasa berada dekat dengan Allah dan dimudahkan segala keinginan kita.
Rosulullah SAW bersabda:
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
danjuga : “ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )
Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud
Sholat Tahajud harus dilaksanakan setelah tidur. Meskipun waktu pelaksanaanya ditetapkan sejak waktu isya’ hingga shubuh, waktu yang afdhal (waktu utama) untuk melaksanakannya adalah;
1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )
2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )
3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )
Abu Muslim bertanya kepada Abu Dzar : “ Diwaktu manakah yang lebih utama kita mengerjakan sholat malam?” Abu Dzar menjawab : “Aku telah bertanya kepada Rosulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini.” Rosulullah SAW bersabda :“Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir. Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya.” (HR Ahmad)
Jadi waktu yang paling afdhal sehingga keinginan atau do’a kita ijabah (dikabulkan) adalah 1/3 malam yang terakhir.
Jumlah Raka’at dalam Shalat Tahajud
Raka’at dalam shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit dilaksanakan dalam 2 ( dua ) raka’at. Adapun jumlah yang paling utama adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah.
Tata cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim )
Menurut keterangan Said Ibnu Yazid, Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat malam 13 raka’at dengan tata cara sebagai berikut :
1) 2 raka’at shalat Iftitah.
2) 8 raka’at shalat Tahajud.
3) 3 raka’at shalat witir.
Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud adalah:
1. Pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Baqarah ayat 284-286.
2. Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.
 apabila belum hafal maka dapat diganti dengan surat lainnya.

setelah melakukan sholat malam sebaiknya di lanjutkan dengan melakukan sholat witir. yaitu sholat penutup dari rangkaian sholat malam kita.

Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat

Shalat Witir adalah shalat sunat yang dikerjakan di malam hari dan jumlah raka'atnya ganjil. Jadi bisa saja shalat witir itu dikerjakan sebanyak satu raka'at, atau tiga, lima, dan seterusnya.
Shalat witir merupakan bagian dari qiyamul lail (shalat malam), karena qiyamul lail itu terdiri dari 2 macam shalat, yaitu tahajjud (yang kita kenal berjumlah 8 raka'at) dan witir (biasanya 3 raka'at).
Istilah qiyamul lail itu bila di bulan Ramadhan berganti menjadi shalat Tarawih. Maka itu shalat Tarawih juga terdiri dari 2 macam shalat sebagaimana sudah disebutkan di atas.
Yang menjadi permasalahan yang akan kita bahas adalah bagaimana cara mengerjakan witir bila 3 raka'at? Apakah dengan cara 2 kali salam (yakni 3 raka'at dipecah 2 raka'at kemudian salam dan 1 raka'at salam) atau dikerjakan cukup dgn satu kali salam?

Hadis Pertama
Aisyah radhiallahu ‘anha menerangkan tentang shalatnya Rasul di bulan Ramadhan,
“Rasul b tidak pernah shalat malam lebih dari 11 raka'at, baik di bulan Ramadhan maupun diluar Ramadhan, yaitu beliau shalat 4 raka'at, maka jangan engkau tanya tentang bagus dan lama shalatnya, kemudian beliau shalat 4 raka'at lagi, maka jangan engkau tanya tentang bagus dan lama shalatnya, kemudian beliau shalat witir 3 raka'at.” (Hr. Bukhori 2/47, Muslim 2/166)
Penjelasan:
1. Perkataan Aisyah, “beliau shalat 4 raka'at”, ini menunjukkan Nabi b melakukan 4 raka'at tersebut dengan sekali salam. Sisi pendalilannya ialah karena sesudah perkataan tersebut, Aisyah mengatakan: tsumma yang artinya kemudian.
2. Demikian juga perkataan Aisyah, “Tsumma/kemudian beliau shalat witir 3 raka'at”, ini berarti witir 3 raka'at itu dikerjakan dengan sekali salam. Jika yang dimaksud tidak demikian, sudah barang tentu Aisyah akan menerangkannya. Tentunya bagi yang mengerti bahasa, akan mudah menangkap dan memahami perkataan Aisyah di atas.
Hal ini makin jelas kalau kita perhatikan perkataan Aisyah bahwa nabi shalat 4 rakaat, itu menunjukkan bahwa nabi mengerjakannya dengan satu kali salam, tentunya witir 3 rakaat juga dengan sekali salam.

Hadis Kedua
Dari Abu Ayyub, ia berkata, telah bersabda Rasulullah, “Witir itu adalah haq, maka bagi yang mau witir dengan 5 raka'at maka kerjakanlah, dan bagi yang mau witir dengan 3 raka'at maka kerjakanlah, dan bagi yang mau witir dengan 1 raka'at maka kerjakanlah.” (Hr. Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah, dan Nasa’i)
Penjelasan:
1. Bahwa witir itu adalah haq, maksudnya ialah sesuatu yang tidak boleh diabaikan. Ini menunjukkan bahwa shalat witir itu sunnah muakkadah (sangat dianjurkan).
2. Boleh witir dengan 5, 3, atau 1 raka'at, yang dikerjakan dengan satu kali salam dan satu tahiyat.

Hadis Ketiga
Dari Ubay Bin Ka’ab, ia berkata:
“Sesungguhnya Nabi biasa membaca dalam shalat witir: Sabbihis marobbikal a’la (di raka'at pertama -red), kemudian di raka'at kedua: Qul yaa ayyuhal kaafiruun, dan pada raka'at ketiga: Qul huwallaahu ahad, dan beliau tidak salam kecuali di raka'at yang akhir.” (Hr. Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Majah)
Penjelasan:
Perkataan Ubay Bin Ka’ab, “dan beliau tidak salam kecuali di raka'at yang akhir”, jelas ini menunjukkan bahwa tiga raka'at shalat witir yang dikerjakan nabi itu dengan satu kali salam.

Hadis Keempat
Dari Abu Hurairah, dari Nabi, beliau bersabda,
“Janganlah kamu witir dengan 3 raka’at, tetapi witirlah dengan 5 raka’at atau 7 raka’at, dan janganlah kamu menyamakannya dengan shalat Maghrib.” (Hr. Daruquthni)
Penjelasan:
1. Dari keempat hadis yang telah dibawakan di atas, dapat kita pahami bahwa nabi pernah witir dengan 3 raka'at, dan beliau juga memerintahkannya.
2. Sabda Nabi b, “Janganlah kamu witir dengan 3 raka’at”, maka maksud dari larangan ini telah dijelaskan sendiri oleh nabi pada bagian akhir hadis, yaitu: “janganlah kamu menyamakan-nya dengan shalat Maghrib”.
3. Tata cara pengerjaan witir yang 3 raka’at itu haruslah berbeda dgn tata cara shalat Maghrib.
Cara yang memungkinkan agar witir 3 raka’at itu berbeda dengan shalat Maghrib hanya bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
Pertama, Memecah witir 3 raka’at menjadi 2 kali salam (2 dan 1 raka’at);
Kedua, Tiga raka’at penuh dengan sekali salam dan tanpa tasyahud awal.
Namun demikian, tidaklah tepat membedakan witir dengan shalat Maghrib itu dengan cara memecah witir yang 3 raka'at menjadi 2 kali salam. Sebab pendapat ini tidak didukung dalil dari nabi, selain itu Hadis pertama hingga hadis keempat ini sangat tegas menunjukkan bahwa witir 3 raka'at dilakukan dengan hanya satu kali salam, dan inilah yang terbaik, sebab ini merupakan amalan Rasulullah b.
Adapun dalil yang dipakai oleh mereka yang membolehkan witir 3 rakaat dengan 2 kali salam, yaitu dengan hadis bahwa shalat malam itu dikerjakan dua rakaat dua rakaat (maksudnya setiap 2 rakaat salam, maka cara pendalilan ini tidak tepat lantaran dalilnya bersifat umum. Padahal dalil-dalil tentang shalat witir adalah sudah ada, jelas dan tegas semuanya dengan satu kali salam, yakni di rakaat terakhir, baik itu witir 1 rakaat, 3, 5, dan seterusnya. Dalam kasus ini, dalil umum harus ditinggalkan karena sudah ada dalil yang bersifat khusus.
Dengan demikian agar shalat witir itu berbeda dengan shalat Maghrib, maka witir 3 raka'at dilakukan satu kali salam dan tanpa tasyahud awal (dengan kata lain cukuplah dengan satu tasyahud di akhir raka’at saja), sebab shalat Maghrib dilakukan dengan 2 tasyahud.
Wallahu a’lam bishshowab.
intinya begini :
1. Niat (sholat witir 1 rakaat)
2. Takbiratul ihram (allahu akbar)
3. Bacaan lafadz al-iftitah
4. Bacaan surat al-fatihah
5. Bacaan surat al-'ahlaa (kalau bisa, kalau gak bisa...boleh dibaca dg surat pendek lainnya; adz-dhuha, al-kafiruun, atau at-tiin---pilih salah satunya), kemudian dilanjut dg surat al-falaaq---an-naas dan al-iklas)
6. Ruku' (bacaannya seperti dlm sholat wajib)
7. Tumatninah (berdiri sejenak---sambil membaca rabbana lakalhamdu....dst)
8. Kemudian sujud
9. Duduk tasyahud awal
10. Duduk tasyahud akhir
11. Salam
[Disusun dengan rujukan: Al Masaa-il, Jilid 2, Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat; Bagaimana Tarawih dan I’tikaf Rasulullah b, Syaikh Albani]
wassalamualaikum wr. wb.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tata Cara sholat Tahajud dan Witir
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://aljihad99.blogspot.com/2011/04/tata-cara-sholat-tahajud-dan-witir.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

19 komentar:

Mahmud_Zerossix mengatakan...

Alhamdulillah. . .mksih y atas info nya. . .

Jelly Gamat Luxor mengatakan...

Subhanalloh... tips yang kaya gni lah yang membuat bloger amalnya terus mengalir..

jual obat herbal mengatakan...

sangat bermanfaat sob postingannya
yang paling utama melakukan salat tahajud si 1/3 malam ya

Unknown mengatakan...

Terima kasihh atas petunjuk nya,, sangat bermanfaaf buat saya pribadi

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum
Kalo tatacaranya kebanyakan orang islam sudah pada tahu, yang jadi permasalahan sekarang adalah SUNGKAN NGERJAINYA nya loh yang susah.. Oke tanks atas tambahan ilmunya

www.permataqadri.com

Unknown mengatakan...

Ada dua kenikmatan yang paling utama di alam jagad iini 1. nikmat iman &islam ( berdiskusi ttg ibadah saling berbagi sesama saudara muslim), 2. bertemu dengan Robb dan menatap NYa langsung menerima cahaya Rahman NYa spt yg di rasakan Rosul kita sewaktu isra mi'raj, ya ALLAH ampnilah kami amiin

Anonim mengatakan...

Saya ingin tanya.. bagaimana jika sholat tahajud 2 rakaat kemudian disambung dengan sholat witir 1 rakaat apakah boleh?? Dan jika disambung sehingga sholat 3 rakaat.. yaitu tahajud dan witir.... mohon pencerahannya. . Terimakasih..

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, smoga qt smw menjadi manusia yg slalu ingat di jalan Allah SWT,Amin

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, smoga qt smw menjadi manusia yg slalu ingat di jalan Allah SWT,Amin

dindadesi mengatakan...

permisi numpang promo Refiza Souvenir menyediakan Souvenir Tasbih paket 1, 2, 3, dan 4. Tasbih, stiker dan pita bisa dicustom sesuai keinginan. cocok untuk acara pernikahan, haji dan umroh, khitanan, aqiqah. diorder yuk dan cek katalog kita di www.refiza.com

Anonim mengatakan...

Katanya tidak Ada tasyahud awal, kok do akhir penjelasan Ada duduk tasyahud awal? Manager yang benar?

Unknown mengatakan...

Allhdullilah pikiran saya sedang bunek di landa masalah aku di fitnah sama orang bertubi2 stlah sholat tahajud mudah2 an alloh mengijabah doa2 ku mngampuni dosa2 ku dan jauhkanlah fitnahan2 ini dariku y alloh

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah saya jdi sedikit lebih ngerti tentang shalat witir dan tahajud .. Saya orang yg sangat awam,jd saya sangat penasaran ap yg di maksud dengan nabi b dan rosulullah b .. Ap itu sebutan untuk nabi Muhammad ..maaf atas ketidaktahuan Saya..

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah saya jdi sedikit lebih ngerti tentang shalat witir dan tahajud .. Saya orang yg sangat awam,jd saya sangat penasaran ap yg di maksud dengan nabi b dan rosulullah b .. Ap itu sebutan untuk nabi Muhammad ..maaf atas ketidaktahuan Saya..

Rian mengatakan...

Saya mau bertanya, apakah setiap sholat iftitah, tahajud dan witir, di setiap sholatny selalu melakukan doa, atau stelah sholat witir bru dzikir dan berdoa ap yg kna mnta.

Rian mengatakan...

Saya mau bertanya, apakah setiap sholat iftitah, tahajud dan witir, di setiap sholatny selalu melakukan doa, atau stelah sholat witir bru dzikir dan berdoa ap yg kna mnta.

Rizal aji wiguna mengatakan...

Alhamdulillah ...
Bisa mempraktekanya di rumah,,itung itung amal��

Anonim mengatakan...

Idem pertanyaannya..
Penjelasan sebelumnya tasyahadu cm skli dirakaat terakir.
Lha kok di rincian.
Ada tasyahadu awal dan tasyahud akhir.
Gimana makksudnya?

Iman Surahman mengatakan...

Alhamdulillah... bermanfaat.

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of W-Rock.