Artikel Baru dari Super-Bee

Posted by Unknown 0 komentar

Artikel Baru dari Super-Bee

Link to Panduan dan Cara membuat blog | Super-Bee

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi

Posted: 01 Jan 2013 09:07 AM PST

manfaat dan bahaya kopi
Manfaat dan bahaya minum kopi - Jika dilihat judul artikel ini sebenarnya lebih tepat adalah dampak positif dan negatif minum kopi bagi kesehatan. Akan tetapi saya memilih manfaat dan bahaya minum kopi untuk membuat judul artkel ini, karena bahasanya lebih familiyar dan mudah dipahami. Terlepas dari itu, tujuan saya menulis artikel berkategori kesehatan ini adalah untuk mengurangi paradigma negatif kita terhadap minum kopi. Karena selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa minum kopi itu berbahaya bagi kesehatan. Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah minum kopi yang bagaimana dapat membahayakan kesehatan? Ternyata setelah diteliti bahwa minum kopi itu tidak berbahaya, yang berbahaya adalah ketika kita minum kopi secara berlebihan, atau melanggar pantangan karena kita memiliki penyakit dan dianjurkan oleh dokter untuk tidak mengkonsumsi kopi.

Berhubung saya juga adalah penjual kopi di  KOPILOT Coffee, (sekalian promosi nih, hehe) saya ambil andil untuk menginformasikan kepada orang banyak khususnya Anda yang sedang membaca artikel ini bawasannya kopi itu tidak berbahaya, yang berbahaya adalah cara mengkonsumsi kopi itu. Jika kopi itu adalah minuman yang tidak memiliki manfaat atau dampak postif, mungkin tidak ada petani tumbuhan kopi dan mungkin juga kopi diharamkan beredar di indonesia oleh MUI. Bukankah Tuhan menciptakan segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya?.

bahaya minum kopi

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, dimana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi disana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Berbicara tentang kopi, Kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Bahkan tidak sedikit orang menjadi kecanduan karena cita rasa kopi karena adanya kandungan kafein yang terdapat dalam kopi itu sendiri. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.

Sekarang ini kopi adalah minuman modern yang memiliki banyak pecintanya (pecinta kopi). Karena minuman kopi dapat diracik dengan resep kopi oleh barista sehingga rasa dan aromanya sangat luar biasa. Selain menyehatkan kopi juga adalah minuman seni yang dapat dihias dengan foam susu seperti coffe latte (latte art).

Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan


Dari informasi yang saya baca di beberapa media internet ternyata manfaat kopi sangat baik bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Meminum kopi dalam satu hari cukup 1-3 cangkir kita sudah mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja manfaat nya? berikut penjelasan manfaat kopi bagi kesehatan yang sebaiknya Anda tahu.

1. Minum kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke

Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari. ( Baca disini: Manfaat kopi bagi wanita ).

2. Minum kopi dapat  mencegah penyakit kanker dan diabetes

Dari hasil riset yang dilakukan oleh peneliti diseluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi. Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan sebagainya.

3. Kopi dapat mencegah resiko kanker mulut dan melindungi gigi

Senyawa yang terdapat dalam kopi bermanfaat mencegah terjadinya resiko kanker mulut, membatasi pertumbuhan sel kanker. Selain itu kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti-perekat yang sangat baik dan memungkinkan untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut, termasuk gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi gusi.

4. Minum kopi dapat memompa stamina dan energi ekstra

Mekanisme kerja zat kafein dalam tubuh bersaing dengan fungsi adenosin dalam tubuh kita. Adenosin sendiri merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak berfungsi membuat orang cepat tertidur. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah.

5. Minum kopi dapat mengurangi rasa sakit kepala

Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago's Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

6. Minum kopi dapat mengurangi dan mengatasi depresi

Minum kopi secara teratur sesuai dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi.

Masih banyak manfaat minum kopi lainnya yang tidak dapat saya sebutka satu-persatu disini, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan.

Bahaya Minum Kopi


Seperti yang telah saya sampaikan diatas, selain memiki manfaat, kopi juga mempunya dampak negatif. Yaitu jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan atau melanggar pantangan yang telah disampaikan karena penyakit yang ada dalam tubuh kita.

1. Mengurangi kesuburan wanita

Kalau anda minum kopi terlalu banyak itu akan bisa menganggu kesuburan anda para wanita, terlebih jika dibarengi dengan konsumsi alkohol. Hal itu berdasarkan Reader's Digest edisi Desember 1994 yang mengutip laporan penelitian yang di biayai The USA National Institute of Child Health and Human Development dan The US Institute on Drug Abuse, disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein.

2. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Berdasarkan kepada journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 disebutkan bahwa minum kopi 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat dari endapan lemak dan akhirnya berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.

3. Berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi

Penderita hipertensi bisa dalam bahaya karena senyawa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam.

4. Bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil dan gangguan pada bayi saat lahir

Berdasarkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi sebanyak 100 mg kafein setiap harinya akan lebih mudah mengalami keguguran.
Sedangkan berdasarkan Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan terhadap kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan, selain itu kandungan kafein juga membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, sehingga resiko kematian pada bayi bisa meningkat sebesar dua kali lipat.

5. Kafein bisa menyebabkan keropos tulang

Efek ini sebagian besar ditemukan pada wanita yang memasuki masa menopause dengan konsumsi kafein tinggi. Sebagian besar penelitian menemukan konsumsi kafein yang tidak berlebihan tidak mengakibatkan pengeroposan tulang.

6. Kafein bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup,sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah

7. Kebiasaan minum kopi panas-panas juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker esofagus

8. Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat dan bahaya minum kopi, semoga bermanfaat. Pastikan Anda selalu setia mengunjungi blog super-bee untuk mendapatkan artikel serta informasi menarik lainnya. Agar Anda tidak ketinggalan artikel yang akan saya posting pada kesempatan berikutny, silahkan berlangganan artikel via email gratis, bergabung serta me-like fans page facebook super-bee.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Artikel Baru dari Super-Bee
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://aljihad99.blogspot.com/2013/01/artikel-baru-dari-super-bee.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of W-Rock.