CONTOH PTK

Posted by adib boomers 0 komentar



LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
DENGAN POLA PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)

JUDUL

PENGGUNAAN MODEL LUAS SEGITIGA MELALUI PENERAPAN METODE LATIHAN BERULANG
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LUAS LINGKARAN
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PRIGI 2
KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN DEMAK
TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Disusun untuk memenuhi tugas dalam menempuh mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412)

Disusun Oleh :






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TERBUKA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH-UT SEMARANG
TAHUN 2007
LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
Nama : Nasikhin
NIM : 811031713
Program Studi : S-1 PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri Prigi 2
Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak
Jumlah Pembelajaran : 1 (satu) pembelajaran eksakta dengan 2 siklus pembelajaran
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan : SD Negeri Prigi 2
29 Januari s.d. 13 Februari 2007
Masalah yang Menjadi Fokus Perbaikan :
"Bagaimana penggunaan model luas Segitiga melalui penerapan metode latihan berulang untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran Matematika tentang luas lingkaran pada kelas V semester II SD Negeri Prigi 2 Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak."
Menyetujui : Demak, 4 Juni 2007
Supervisor, Peneliti,

Drs. Djoko Sri Bimo, M.Pd. Nasikhin
NIP 131682456 NIM 811031713
KATA PENGANTAR

Puji Syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyusun laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) ini. Solawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan penerus perjuangannya, amin.
Laporan ini berisikan perumusan masalah pembelajaran di Sekolah Dasar beserta pemecahannya, yang peneliti tulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional PDGK 4501, sekaligus sebagai bekal bagi peneliti dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan pola Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas V semester II di SD Negeri Prigi 2 Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2006/2007.
Peneliti menyadari bahwa laporan ini tidak akan tersusun baik tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu peneliti menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Rektor Universitas Terbuka Jakarta, yang telah memberi kesempatan kepada peneliti untuk melanjutkan studi S 1 PGSD di Universitas Terbuka.
2. Pemerintah Daerah Tingkat II Demak, yang telah memberi kesempatan dan beasiswa kepada peneliti untuk melanjutkan studi S 1 PGSD di Universitas Terbuka.
3. Drs. Djoko Sri Bimo, M.Pd., selaku supervisor yang banyak memberi bimbingan dan petunjuk kepada peneliti.
4. Drs. Untung Pramono, selaku dosen wali yang selalu memberi motivasi peneliti untuk selalu tegar dalam menghadapi segala permasalahan selama peneliti menuntut pendidikan di Universitas Terbuka.
5. Moh. Rohmani, selaku teman sejawat yang sering memberi masukan yang sangat mendukung.
6. Djuwarsih, selaku Kepala SD Negeri Prigi 2 yang memberi ijin untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran selama dua siklus.
7. Rekan-rekan guru SD Negeri Prigi 2 yang banyak membantu dan memberi semangat kepada peneliti.
8. Rekan-rekan satu kelompok atas sumbang sarannya untuk menyelesaikan laporan ini.
9. Istri dan anak-anak tercinta yang selalu memberikan dukungan dan do'a sehingga tersusun laporan ini.
10. Semua pihak yang telah membantu peneliti untuk menyelesaikan laporan ini.
Peneliti menyadari dengan sepenuh hati, bahwa laporan yang tersusun dan tersaji ini jauh dari sempurna, untuk itu peneliti dengan tangan terbuka menerima kritik dan saran yang membangun. Semoga laporan ini dapat berguna dan memberikan manfaat sebagaimana yang diharapkan.

Demak, 4 Juni 2007
Peneliti
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………...……………............
LEMBAR PENGESAHAN ………………………..……………………...
KATA PENGANTAR ………………………………..…………………...
DAFTAR ISI …………………………………………..………………….
DAFTAR TABEL ………………………………………………………..
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………….
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ………………………………………………
1. Identifikasi Masalah …………………………………….
2. Analisis Masalah ………………………………………..
B. Perumusan Masalah ………………………………………….
C. Tujuan Penelitian …………………………………………….
D. Manfaat Penelitian …………………………………………...
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Pembelajaran Matematika Kontekstuan di SD ……………...
1. Karakteristik Pembelajaran Matematika yang Kontekstual ……………………………………………...
2. Teori yang Mendukung ………………………………….
B. Pemilihan Metode Mengajar yang Efektif untuk SD ………..
C. Media dan Proses Pembelajaran …………………………….
BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A. Subjek Penelitian ……………………………………………
B. Deskripsi per Siklus …………………………………………
C. Hal yang Unik ……………………………………………….
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi per Siklus …………………………………………
B. Pembahasan dari Setiap Siklus ………………………….......
BAB V KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan ………………………………………………….
B. Saran dan Tindak Lanjut …………………………………….
1. Saran …………………………………………………….
2. Tindak Lanjut …………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………….....
LAMPIRAN………………………………………………………………










DAFTAR TABEL

1. Tabel 1 : Hasil Evaluasi Sebelum Perbaikan …………………………
2. Tabel 2 : Hasil Evaluasi Perbaikan Pembelajaran Siklus I …………..
3. Tabel 3 : Hasil Evaluasi Perbaikan Pembelajaran Siklus II ………….


















DAFTAR GAMBAR :

1. Gambar 1 : Grafik Ketuntasan Belajar Sebelum Perbaikan …………
2. Gambar 2 : Grafik Ketuntasan Belajar Siklus I …………………….
3. Gambar 3 : Grafik Ketuntasan Belajar Siklus II ……………………
4. Gambar 4 : Grafik Ketuntasan Belajar Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II …………………………………………………………
















DAFTAR LAMPIRAN
1. Lampiran 1 : Refleksi Sebelum Perbaikan Pembelajaran…...…….
2. Lampiran 2 : Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus 1………….
3. Lampiran 3 : Lembar Kegiatan Siswa Siklus I …………………...
4. Lampiran 4 : Lembar Evaluasi Perbaikan Pembelajaran Siklus I ...
5. Lampiran 5 : Lembar Analisa Hasil Tes Formatif Siklus I ………
6. Lampiran 6 : Lembar Perbaikan Siklus I …………………………
7. Lampiran 7 : Lembar Pengayaan Siklus I ………………………..
8. Lampiran 8 : Lembar Obervasi Siklus I ………………………….
9. Lampiran 9 : Laporan Perbaikan Pembelajaran Siklus I …………
10. Lampiran 10 : Refleksi Perbaikan Pembelajaran Siklus I…...…….
11. Lampiran 11 : Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II………..
12. Lampiran 12 : Lembar Kegiatan Siswa Siklus II ………………...
13. Lampiran 13 : Lembar Evaluasi Perbaikan Pembelajaran Siklus II.
14. Lampiran 14 : Lembar Analisa Hasil Tes Formatif Siklus II …….
15. Lampiran 15 : Lembar Perbaikan Siklus II ……………………….
16. Lampiran 16 : Lembar Pengayaan Siklus II ……………………..
17. Lampiran 17 : Lembar Obervasi Siklus II ……………………….
18. Lampiran 18 : Laporan Perbaikan Pembelajaran Siklus II ………
19. Surat Pernyataan …………………………………………………
i
ii
iii
v
vii
viii

1
3
3
5
5
5

7

7
10
13
17

21
22
26

27
31

35
35
35
36
37
38












27
28
29




















28
29
30

31

















38
40
46
48
49
50
51
52
53
55
57
61
62
63
64
65
66
67
69




LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
Nama : Nasikhin
NIM : 811031713
Program Studi : S-1 PGSD
Tempat Mengajar : SD Negeri Prigi 2
Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak
Jumlah Pembelajaran : 1 (satu) pembelajaran eksakta dengan 2 siklus pembelajaran
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan : SD Negeri Prigi 2
29 Januari s.d. 13 Februari 2007
Masalah yang Menjadi Fokus Perbaikan :
"Bagaimana penggunaan model luas Segitiga melalui penerapan metode latihan berulang untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran Matematika tentang luas lingkaran di kelas V semester II SD Negeri Prigi 2 Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak."
Menyetujui : Demak, 31 Mei 2007
Supervisor, Pembuat Laporan,

Drs. Djoko Sri Bimo, M.Pd. Nasikhin
NIP 131682456 NIM 811031713
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CONTOH PTK
Ditulis oleh adib boomers
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://aljihad99.blogspot.com/2010/08/contoh-ptk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of W-Rock.